File Pendidikan Tujuan Pemberian Dana BOS Bagi Sekolah

Tujuan Pemberian Dana BOS Bagi Sekolah

Posted on

Apakah sahabat seorang bendahara BOS di sekolah???
Kalau sahabat adalah sebuah salah seorang yang di tugaskan selaku bendahara BOS di sekolah sahabat, karenanya sahabat perlu membaca postingan yang akan saya berikan ini. Di pada postingan ini saya akan memberikan penjabaran mengenai tujuan dari pemberian dana bos bagi sekolah, selain itu pun sahabat pun dapat mengetahui bagaimana cara penyaluran dana BOS tersebut untuk sekolah.
File Pendidikan Tujuan Pemberian Dana BOS Bagi Sekolah

Bantuan dana BOS memang betul-betul menolong pada perkembangan sekolah di era kini ini, apalagi ketika ini dengan adanya bantuan dana BOS karenanya akan menghilangkan perilaku buruk yang sering terjadi di beberapa sekolah sekolah yaitu seringnya terjadi pungutan liar yang menyebabkan banyak orang tua pelajar menjadi terbebani dengan hal tersebut sehingga berakibat banyaknya anak-anak yang putus sekolah karena tak adanya biaya sekolah dari orang tua mereka.
Bagi memahami tujuan dari pemberian dana BOS yang di berikan di tingkat sekolah mulai dari tahapan pendidikan basic hingga menengah, karenanya berikut ini penjelasan mengenai tujuan dari pemberian dana BOS bagi sekolah.
Tujuan BOS di SD/SDLB/SMP/SMPLB bagi:
  • Menolong penyediaan pendanaan biaya operasi non personil sekolah, akan tetapi masih ada beberapa pembiayaan personil yang masih dapat dibayarkan dari dana BOS;
  • Membebaskan pungutan biaya operasi sekolah untuk peserta didik SD/SDLB/SMP/SMPLB yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat atau pemerintah daerah;
  • Meringankan beban biaya operasi sekolah untuk peserta didik SD/SDLB/SMP/SMPLB yang diselenggarakan oleh masyarakat; dan/atau
  • Membebaskan pungutan peserta didik yang orangtua/walinya tak mampu di SD/SDLB/SMP/SMPLB yang diselenggarakan oleh masyarakat.

Tujuan BOS di SMA/SMALB/SMK bagi:
  • Menolong penyediaan pendanaan biaya operasi non personil sekolah, akan tetapi masih ada beberapa pembiayaan personil yang masih dapat dibayarkan dari dana BOS;
  • Meningkatkan angka partisipasi kasar;
  • Mengurangi angka putus sekolah;
  • Mewujudkan keberpihakan Pemerintah Pusat (affimative action) untuk peserta didik yang orangtua/walinya tak mampu dengan membebaskan (fee waive) dan/atau menolong (discount fee) tagihan biaya sekolah dan biaya lainnya di SMA/SMALB/SMK sekolah;
  • Memberikan kesempatan yang setara (equal opportunity) untuk peserta didik yang orangtua/walinya tak mampu bagi memperoleh layanan pendidikan yang terjangkau dan berkwalitas; dan/atau
  • Meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah.
Dengan adanya tujuan dari dana BOS bagi sekolah tersebut karenanya pastinya sekolah dapat mengetahui maksud dan tujuan pada pemakaian dana BOS bagi kepentingan sekolah masing-masing. 

Jumlah dana BOS yang di berikan kepada masing-masing sekolah pastinya tak sama karena jumlah dana yang di terimakan di sesuaikan dengan jumlah pelajar atau peserta didik yang terdaftar aktif di satuan Pendidikan tersebut.
Penyaluran BOS dilakukan setiap triwulan, yaitu Januari-Maret, April- Juni, Juli-September, dan Oktober-Desember.

Untuk wilayah yang secara geografis betul-betul sulit dijangkau sehingga proses pengambilan BOS mengalami hambatan atau memerlukan biaya pengambilan yang mahal, karenanya atas usulan pemerintah daerah dan persetujuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi penyaluran BOS dilakukan setiap semester, yaitu Januari-Juni dan Juli-Desember.

Pengelolaan BOS Menggunakan Managemen Dengan Sekolah, yang mana ketika ini mulai dari tahun 2019 pengelolaan dana bos pun telah dilakukan dengan menggunakan suatu program yang di beri nama program RKAS. Dana BOS dikelola oleh SD/SDLB/SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK, dan SLB dengan memakai Managemen Dengan Sekolah (MBS) yang memberikan kebebasan pada perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan program yang disesuaikan dengan kondisi dan keperluan sekolah. 

Pemakaian BOS hanya bagi kepentingan peningkatan layanan pendidikan dan tak ada intervensi atau pemotongan dari pihak manapun. Pengelolaan BOS pun mengikutsertakan Dewan Pengajar dan Komite Sekolah selaku warga sekolah yang pun berhak bagi mengetahui system pengelolan dana bos yang di gunakan di sekolah mereka masing-masing.
Demikianlah postingan yang dapat saya berbagi mengenai tujuan dari pemberian dana BOS di sekolah, semoga dengan sahabat membaca postingan ini akan meningkatkan pengetahuan sahabat akan pentingnya pemakaian dana BOS bagi kemajuan Pendidikan di setiap sekolah khususnya si seluruh wilayah Indonesia.