File Pendidikan RPP Matematika Peminatan Kelas X K-13 dan Perangkat Pembelajaran Lengkap Gratis

RPP Matematika Peminatan Kelas X K-13 dan Perangkat Pembelajaran Lengkap Gratis

Posted on
File Pendidikan RPP Matematika Peminatan Kelas X K-13 dan Perangkat Pembelajaran Lengkap Gratis
Kurikulum 2013 (K-13) yaitu kurikulum yang berlaku pada Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap dipakai oleh pemerintah buat menggantikan Kurikulum-2006 (yang sering disebut selaku Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang telah berlaku dalam kurun waktu kurang lebih 6 tahun.
Setruktur Kurikulum 2013 dapat digambarkan selaku berikut:

Mata Pembelajaran Wajib (Kelompok A)
1. Pendidikan Agama
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Matematika
4. Sejarah Indonesia
5. Bahasa Indonesia
6. Bahasa Inggris
Mata Pembelajaran Wajib (Kelompok B)
1. Seni Budaya
2. Prakarya
3. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Medis
Masing-masing pembelajaran di atas mempunyai alokasi waktu 2 jam pembelajaran, atau total 18 jam pembelajaran setiap minggunya. Mata pembelajaran wajib di atas berlaku buat kelas X, XI dan XII.
Mata Pembelajaran Alternatif (Kelompok C) atau Peminatan Akademik
A. Peminatan Matematika dan Sains
1. Biologi
2. Fisika
3. Kimia
4. Matematika
B. Peminatan Sosial
1. Geografi
2. Sejarah
3. Sosiologi dan Anthropologi
4. Ekonomi
C. Peminatan Bahasa
1. Bahasa dan Sastra Indonesia
2. Bahasa dan Sastra Inggris
3. Bahasa dan Sastra Arab
4. Bahasa dan Sastra Mandarin
Di postingan ini saya akan membahas diantara mata pembelajaran pada rumpun peminatan yaitu Matematika Peminatan
Bahan Matematika peminatan SMA kelas X buat kurikulum 2013 meliputi guna eksponensial dan logaritma, persamaan linear kuadrat, trigonometri, pertidaksamaan kuadrat, polinom, pecahan, mutlak, dan akar. 
Sedangkan kompetensi Basic mata pembelajaran Matematika Peminatan meliputi :
  1. Menjelaskan dan menentukan penyelesaian sistem persamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
  2. Menyajikan dan  menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
  3. Menjelaskan dan menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
  4. Menyajikan dan  menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
  5. Mendeskripsikan dan menentukan penyelesaian guna eksponensial dan guna logaritma menggunakan masalah kontekstual, serta keberkaitanannya
  6. Menyajikan dan  menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan guna eksponensial dan guna logaritma
  7. Menjelaskan dan menentukan penyelesaian pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel
  8. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel
  9. Menjelaskan vektor, operasi vektor,  panjang vektor, sudut antarvektor pada ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga
  10. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan vektor, operasi vektor,  panjang vektor, sudut antar vektor pada ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga

Seperti itulah sedikit sekilas betapa rumitnya pembelajaran ini sehingga para pendidik/pengajar perlu mempersiapkan dengan bagus agar hasilnya pun bagus.
Oleh karena itu disini peran pendidik mesti lebih kreatif dan inovatif pada menjadikan suasana belajar  yang menarik dan menyenangkan.
Mampu menyajikan bahan pembelajaran dengan tampilan yang tersaji menarik secara terstruktur, sehingga pelajar merasa gembira pada mengikuti proses pembelajaran, dan pun fokus di bahan serta pendalaman konsep sehingga bahan yang tersaji walaupun dengan kompleksitas yang tinggi dan beragam pun dapat tetap di pahami secara bagus dan menyeluruh tanpa merasa kesulitan dan membosankan. 
Disinilah perlu adanya rencana yang bagus dan tersetruktur pada merencanakan proses kegiatan belajar dan mendidik yang bagus dan menarik tadi.
Hal tersebut tak dapat lepas dari penyusunan bahan pembelajaran yang bagus dan terencana, oleh karenanya saya bermaksud berbagi contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dapat dijadikan rujukan namun pun masih tetap dapat di sesuaikan dengan kemampuan dan pun keadaan di sekolah rekan-rekan sobat madrasahmuba.
Pada bahan pembelajaran yang saya berbagi nanti tak hanya terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Saja namun telah dilengkapi dengan Program Tahunan (prota), Program Semester (promes), dan pun beberapa bahan pendukung lainya.
Smua file yang saya berbagi pada wujud Microsoft Word sehingga dapat dengan gampang diedit dan disesuaikan dengan keadaan dan keperluan.
File kami simpan pada Google Drive sehingga amat gampang pada mengakses dan mendownloadnya, rekan-rekan yang mengalami keulitan pada mengunduh itu dapat dikarenakan rekan-rekan pada melakukan login belum menggunakan akun gmail.
Kami sarankan rekan-rekan dapat terlebih dahulu login dengan akun gmail di browser, akan lebih bagus lagi seandainya rekan-rekan pun telah mempunyai googe drive sehingga dapat pun seketika menyimpanya di google drive rekan-rekan sehingga dapat diakses dengan gampang kapan saja dan dimana saja.
Seketika saja kita akan mulai membahasnya satu persatu dan rekan-rekan dapat mengakses dan mendownloanya via link berwarna merah yang nanti kami sertakan.
  • SILABUS

Silabus yaitu rencana pembelajaran di suatu kelompok mata pembelajaran/tema tertentu yang melingkupi standar kompetensi , kompetensi basic, bahan utama/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Buat mengunduh silabus . SILAHKAN DOWNLOAD
  • PROGRAM TAHUNAN

Program tahunan yaitu rencana penetapan alokasi waktu satu tahun buat mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan.Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi basic yang terdapat pada kurikulum seluruhnya dapat diperoleh oleh pelajar. SILAHKAN DOWNLOAD
  • PROGRAM SEMESTER

Program semester yaitu program pendidikan yang mesti diperoleh dalam kurun waktu satu semester, dalam kurun waktu periode ini diinginkan para pelajar menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan selaku satu kesatuan utuh. SILAHKAN DOWNLOAD
  • RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 mengenai Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu rencana kegiatan pembelajaran tatap muka buat satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus buat mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik pada upaya mencapai Kompetensi Basic. SILAHKAN DOWNLOAD
File ini dibagikan secara tidak dipungut bayaran dan kami amat tak menyarankan buat memperjualbelikanya, seandainya terbukti rekan-rekan ada yang memperjualbelikanya dengan sengaja, karenanya seandainya ada pihak-pihak yang merasa dirugikan kami tak bertanggung jawab.
Silahkan dipergunakan secara bijak dan sesuai keperluan.
Selaku wujud dukungan agar kami dapat tetap eksis, silahkan meluangkan waktu buat mengunjungi iklan yang mungkin bermanfaat bagi rekan-rekan.