File Pendidikan RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI Semester 1

RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI Semester 1

Posted on
File Pendidikan RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI Semester 1
RPP Kurikulum 2013 kelas 6 SD/MI semester 1

Kurikulum 2013 (K13) telah dilaksanakan di seluruh kelas tingkatan SD/MI dan sederajat. Pengajar mesti mengimplementasikan program yang telah disusunnya sesuai dengan Kurikulum 2013 itu dengan merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selaku pegangan dan pedoman untuk pendidik pada menjalankan pembelajaran di kelas.

RPP Kurikulum 2013 revisi berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Di kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013, kompetensi mendasar pun mengalami revisi, demikian itu pun buku pendidik dan buku pelajar kelas 6 hingga pengklasifikasian kompetensi Basic (KD) di pembelajaran berubah. Sehingga penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi Terbaru buat kelas 6 pun mengalami perubahan.

Pada menyusun dan merumuskan indikator dan tujuan yang akan diperoleh lewat kegiatan pembelajaran di RPP kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 mesti dilakukan secara mendetail dan terstruktur. Tujuannya agar di ketika bahan atau bahan yang akan disampaikan dapat terlaksana dan dapat dimengerti pelajar setiap pembelajarannya.

Sebelum melakasanakan pembelajaran, pendidik terlebih dahulu mesti merancang RPP Tematik selaku pedoman buat mendukung pelaksanaan kegiatan proses belajar mendidik. Di Kurikulum 2013 kelas 6 SD/MI setiap satu subtema dilaksanakan sebanyak 6 pembelajaran. RPP Kurikulum 2013 kelas 6 SD/MI semester 1 dapat didownload lewat tautan berikut ini:

RPP melingkupi: (1) identitas sekolah/madrasah, mata pembelajaran, dan kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, indikator pencapaian kompetensi; (4) bahan pembelajaran; (5) kegiatan pembelajaran; (6) penilaian; dan (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh pendidik secara mandiri dan/atau berkelompok (di KKG).

RPP Kurikulum 2013 kelas 6 yang terbaru ini memunculkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Selain itu, mesti pun memunculkan Literasi, keterampilan abad 21, dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS). Dibutuhkan kreatifitas pendidik buat merancang RPP Tematik yang memunculkan keempat komponen tersebut sehingga menjadi RPP yang utuh dan bagus.