File Pendidikan RPP dan Perangkat Sejarah Peminatan Kls X K-13 Revisi GRATIS DOWNLOAD

RPP dan Perangkat Sejarah Peminatan Kls X K-13 Revisi GRATIS DOWNLOAD

Posted on
File Pendidikan RPP dan Perangkat Sejarah Peminatan Kls X K-13 Revisi GRATIS DOWNLOAD

Dirilis dari buku Pengajar Sejarah kelas X di nyatakan bahwa mata pembelajaran Sejarah Indonesia merupakan bagian yang tak terpisahkan pada pembentukan watak dan kepribadian bagi generasi emas.
Mata pembelajaran Sejarah Indonesia merupakan mata pembelajaran wajib di tahapan pendidikan menengah (SMA/MA dan SMK/MAK). 
Sejarah mempunyai makna dan posisi yang strategis, mengingat:

  1. Manusia hidup lama kini selaku kelanjutan dari lama lampau sehingga pembelajaran sejarah memberikan mendasar pengetahuan buat memahami
  2. kehidupan lama lalu, dan membangun kehidupan lama depan.
  3. Sejarah mengandung peristiwa kehidupan manusia di lama lampau buat dijadikan pengajar kehidupan (Historia Magistra Vitae).
  4. Pembelajaran Sejarah yaitu buat membangun memori kolektif selaku bangsa buat mengenal bangsanya dan membangun rasa persatuan dan kesatuan.
  5. Sejarah mempunyai arti strategis pada pembentukan watak dan peradaban bangsa yang bermartabat serta pada pembentukan manusia Indonesiayang mempunyai rasa kebangsaan dan cinta tanah air.
Mata pembelajaran Sejarah Indonesia dikembangkan atas mendasar:

  1. Seluruh wilayah/daerah mempunyai kontribusi kepada perjalanan Sejarah Indonesia hampir di seluruh periode sejarah;
  2. Pemahaman mengenai lama lampau selaku sumber inspirasi, motivasi, dan kekuatan buat membangun semangat kebangsaan dan persatuan;
  3. Setiap periode Sejarah Indonesia mempunyai peristiwa dan atau tokoh di tingkat nasional dan daerah serta keduanya mempunyai kedudukan yang urgen pada perjalanan Sejarah Indonesia;
  4. Kewajiban dan tanggung jawab buat menyajikan peristiwa sejarah yang urgen dan terjadi di seluruh wilayah NKRI serta seluruh periode sejarah kepada generasi muda bangsa;
  5. Pengembangan cara berpikir sejarah (historical thinking), konsep waktu, ruang, perubahan, dan keberlanjutan menjadi keterampilan mendasar pada mempelajari Sejarah Indonesia.
Sejarah diartikan secara sederhana selaku ilmu mengenai asal usul dan perkembangan peristiwa yang telah terjadi. Menurut Taufik Abdullah sejarah dapat dilihat pada beberapa sisi, yaitu sejarah dapat digunakan selaku nasehat misalnya dengan mengutip kata-kata Sukarno “jangan sekalisekali melupakan sejarah” ini berarti sejarah yaitu sebuah kearifan yang dapat membimbing kita pada mengarungi hidup dikala ini dan merintis hari depan. Sejarah dapat pun dimaknai selaku “pengajar” seperti “….sejarah telah mengajarkan di kita bahwa….”. Pada bidang filsafat, Hegel mengatakan bahwa “sejarah yaitu proses ke arah cita kemanusiaan yang tertinggi”.
Hal tersebut tak dapat lepas dari perancangan perlengkapan pembelajaran yang bagus dan terencana, oleh karenanya saya bermaksud berbagi contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dapat dijadikan rujukan namun pun masih tetap dapat di sesuaikan dengan kemampuan dan pun keadaan di sekolah rekan-rekan sobat madrasahmuba.
Pada perlengkapan pembelajaran yang saya share nanti tak hanya terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Saja namun telah dilengkapi dengan Program Tahunan (prota), Program Semester (promes), dan pun beberapa perlengkapan pendukung lainya.
Smua file yang saya share pada format Microsoft Word sehingga dapat dengan gampang diedit dan disesuaikan dengan keadaan dan keperluan.
File kami simpan pada Google Drive sehingga betul-betul gampang pada mengakses dan mendownloadnya, rekan-rekan yang mengalami keulitan pada mengunduh itu dapat dikarenakan rekan-rekan pada melakukan login belum menggunakan akun gmail.
Kami sarankan rekan-rekan dapat terlebih dahulu login dengan akun gmail di browser, akan lebih bagus lagi kalau rekan-rekan pun telah mempunyai googe drive sehingga dapat pun seketika menyimpanya di google drive rekan-rekan sehingga dapat diakses dengan gampang kapan saja dan dimana saja.
Seketika saja kita akan mulai membahasnya satu persatu dan rekan-rekan dapat mengakses dan mendownloanya lewat link berwarna merah yang nanti kami sertakan.
SILABUS
Silabus yaitu rencana pembelajaran di suatu kelompok mata pembelajaran/tema tertentu yang meliputi standar kompetensi , kompetensi mendasar, bahan utama/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Buat mengunduh silabus . SILAHKAN DOWNLOAD
PROGRAM TAHUNAN
Program tahunan yaitu rencana penetapan alokasi waktu satu tahun buat mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan.Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi mendasar yang terdapat pada kurikulum seluruhnya dapat diperoleh oleh pelajar. SILAHKAN DOWNLOAD
PROGRAM SEMESTER
Program semester yaitu program pendidikan yang mesti diperoleh dalam rentang waktu satu semester, dalam rentang waktu periode ini diinginkan para pelajar menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan selaku satu kesatuan utuh. SILAHKAN DOWNLOAD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 mengenai Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu rencana kegiatan pembelajaran tatap muka buat satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus buat mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik pada upaya mencapai Kompetensi Basic. SILAHKANDOWNLOAD
File ini dibagikan secara free dan kami betul-betul tak menyarankan buat memperjualbelikanya, kalau terbukti rekan-rekan ada yang memperjualbelikanya dengan sengaja, karenanya kalau ada pihak-pihak yang merasa dirugikan kami tak bertanggung jawab.
Silahkan dipergunakan secara bijak dan sesuai keperluan.

Selaku format dukungan agar kami dapat tetap eksis, silahkan meluangkan waktu buat mengunjungi iklan yang mungkin bermanfaat bagi rekan-rekan.