File Pendidikan Panduan Mengerjakan e-Rapor SD Versi Terbaru

Panduan Mengerjakan e-Rapor SD Versi Terbaru

Posted on

– Unduh Buku Panduan Cara Mengerjakan e-Raport SD Tahun 2019/2020.

e-Raport adalah sebuah program yang di rancang bagi mempermudah sekolah yang pada hal ini guru-guru dan wali kelas pada menjalankan penginputan nilai peserta didik sehingga dapat menghasilkan sebuah buku report hasil penilaian yang secara otomatis dapat seketika di printout dan dibagikan kepada masing-masing peserta didik. Buku report hasil penilaian peserta didik tersebut menjadi sebuah hasil ahir yang mesti di ketahui oleh masing-masing peserta didik dan orang tua peserta didik selaku bukti hasil pencapaian anaknya dalam kurun waktu mengikuti proses pembelajaran di sekolah.
Dikala ini di kurikulum 2013 terdapat beberapa aspek penilaian yang menjadi mendasar kenaikan kelas oleh masing-masing peserta didik. Program erapor di rancang dan di sesuaikan dengan keperluan sekolah sehingga pastinya telah sejalan dengan kurikulum yang berlaku ketika ini yaitu sesuai dengan kurikulum 2013.
Program erapor benar-benar gampang bagi di gunakan dan pastinya akan benar-benar menghemat waktu pada pengerjaannya serta dapat dikerjakan secara bersamaan. Untuk sekolah yang telah menggunakan program erapor khususnya di tingkatan SD karenanya pastinya telah merasakan manfaat dari pemakaian program erapor SD. 
File Pendidikan Panduan Mengerjakan e-Rapor SD Versi Terbaru
Hingga ketika ini masih banyak sekolah tingkatan SD yang belum menggunakan program erapor dan hanya beberapa sekolah saja yang telah menggunakannya. Hal tersebut di sebabkan kurangnya sosialisasi oleh pihak dinas Pendidikan setempat, padahal pihak pengembang erapor pusat telah menyediakan program erapor SD tersebut bagi dapat di gunakan oleh setiap sekolah SD. Selain itu faktor lain yang menyebabkan masih banyaknya sekolah SD yang belum menggunakan program erapor di sebabkan karena banyak sekolah yang belum mengetahui kalau telah ada program erapor tingkatan SD yang di gunakan sehingga sekolah hanya menggunakan program manual pada menjalankan proses penilaian bagi merancang raport yang dengan menggunakan kurikulum 2013.
Di postingan sebelumnya saya telah membagikan program erapor SD yang mana di pada postingan tersebut saya bahkan menyediakan 2 jenis program erapor SD yaitu program erapor SD versi 1.0 dan yang terbaru yaitu program erapor SD versi 1.0.3. Sekiranya sahabat belum memilikinya silahkan klik DISINI. Program erapor tersebut telah terintegrasi dengan program dapodik sehingga data-data pembelajaran , data pengajar, data rombel, data peserta didik dan data data lainnya yang menunjang proses progres erapor dapat seketika secara otomatis di Tarik dari pada program dapodik dan seketika dapat masuk ke pada program erapor yakni via proses syncronisasi. Selain itu manfaat yang dapat di peroleh kalau sekolah menggunakan program erapor yaitu sekolah tak perlu lagi menjalankan penginputan nilai secara manual ke pada program dapodik karena kalau sekolah sahabat telah menggunakan program erapor karenanya sahabat dapat seketika mengirimkan data nilai yang telah di isi di pada program erapor ke program dapodik via proses syncronisasi.
Di kesempatan kali ini dan via postingan ini, saya akan membagikan buku panduan pada mengerjakan program erapor SD yang di pada buku penduan tersebut telah di jelaskan mengenai langkah awal pada menjalankan penginstalan program erapor hingga strategi pada menggunakan program erapor SD pada mengerjakan proses penginputan nilai peserta didik ke pada program erapor SD. Buku panduan cara mengerjakan erapor SD ini saya share secara free dengan tujuan bagi menolong bapak dan ibu pengajar serta operator sekolah pada memahami cara dan strategi pada menggunakan program erapor SD. Program erapor SD ini dapat di gunakan meskipun tak terhubung dengan jaringan internet (online) melainkan dapat di kerjakan secara offline atau tanpa jaringan internet.
Sekiranya di sekolah sahabat telah mempunyai laboratorium Komputer atau minimal mempunyai beberapa Komputer karenanya sahabat dapat menggunakan trik mengerjakan erapor dengan menggunakan jaringan LAN yang tanpa terhubung internet. Cara tersebut akan benar-benar mempermudah sekolah pada menjalankan penginputan nilai karena dapat dilakukan secara Bersama-sama oleh masing-masing pengajar kelas dan pengajar bidang study serta setiap wali kelas pun dapat seketika menjalankan penginputan data perwaliannya secara bersamaan. Pada menggunakan program erapor pastinya mesti ada seorang ADMIN yang akan menjadi pemandu pada menjalankan proses penilaian di pada program erapor SD. Biasanya yang akan menjadi admin yaitu operator sekolah karena program erapor terhubung dengan program dapodikdasmen dan orang yang menangani program erapor haruslah orang yang pun menangani program dapodik sekolah agar ketika ada data-data yang akan di Tarik dari pada program dapodik karenanya admin dapat dengan gampang melakukannya.
Selaku seorang admin di pada program erapor SD ada beberapa hal yang menjadi fungsi utama seorang admin pada menjalankan menajemen penilaian di pada program erapor. Fungsi tersebut antara lain yaitu selaku berikut :

1.   Mengambil data-data dari Dapodik.
2.   Menjalankan Generate data user via fitur Data User.
3.   Menjalankan perubahan Password Admin.
4.   Menjalankan proses Tambah Admin (Sekiranya diperlukan) yaitu via “fitur Data Administrator” –tambah Administrator.
5.   Merancang Ringkasan Nama bagi setiap Mata Pembelajaran
6.   Menjalankan Mapping Mapel Raport.
7.   Menjalankan penginputan KKM Mata Pembelajaran.
8.   Menginput Tanggal Raport (tanggal penerimaan raport sesuai kalender Pendidikan setempat)
9.   Mencetak Leger Raport setelah segala nilai komplit dikirim oleh pengajar mapel dan wali kelas.
10.   Menjalankan Sinkronisasi Nilai ke Dapodik.
11.   Menjalankan Backup Data e-Raport

Untuk pengajar dan wali kelas pun mempunyai tanggung jawab masing-masing dan bagi dapat menjalankan login ke pada program erapor SD karenanya nantinya pengajar mata pembelajaran dan wali kelas akan di berikan username dan juga password yang akan digunakan bagi login ke akun masing-masing sehingga setiap pengajar dapat menjalankan penilaian sesuai dengan mata pembelajaran yang diampunya. Adapun username dan password yang akan di gunakan bagi login kedalam program erapor karenanya nantinya adminlah yang akan memberikannya kepada setiap pengajar dan wali kelas serta pengajar dan wali kelas mempunyai hak bagi menjalankan perubahan password kalau diperlukan.
Adapun bagi strategi pada menjalankan proses penilaian kedalam program erapor SD karenanya sahabat dapat membaca panduan lengkapnya via buku panduan mengerjakan program erapor SD yang akan saya share via postingan ini. Sekiranya sahabat membaca secara seksama strategi pada menjalankan proses penilaian ke pada program erapor yang terdapat di pada buku penduan pemakaian erapor SD yang akan saya share tersebut karenanya pastinya sahabat akan mengetahui dan memahami cara penggunaannya.
Baiklah untuk sahabat yang membutuhkan buku panduan cara mengerjakan program erapor SD karenanya silahkan sahabat unduh buku panduan tersebut di bawah ini:
  • Panduan Pemakaian Program e-Raport SD Terbaru (DISINI
Semoga dengan sahabat membaca buku panduan mengerjakan erapor SD yang telah saya share teraebut, karenanya sahabat dapat menjalankan proses penilaian dengan bagus dan benar, dan semoga dengan sekolah sahabat menggunakan program erapor karenanya dapat semakin merancang sekolah sahabat menjadi lebih maju dan kreatif khususnya pada memainkan fungsinya menuju sekolah dengan menggunakan IT.