File Pendidikan IPK Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2018

IPK Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Posted on

IPK Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2018 – Halo sobat filependidikan.informasi, di postingan ini saya akan berbagi Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Bahasa Indonesia Kelas 10/ X tingkatan SMA/SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang dapat kamu unduh secara cuma-cuma.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yakni adalah adalah penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. IPK dikembangkan sesuai dengan karakteristik pelajar, mata pembelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan pada kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.

Diantara langkah urgen pada menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yakni mengoptimalkan indikator pencapaian kompetensi (IPK) menurut kompetensi mendasar (KD) mata pembelajaran seperti yang coba saya berbagi ini.

File Pendidikan IPK Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Pada mengoptimalkan pembelajaran dan penilaian, terdapat 2 (dua) rumusan indikator, yaitu: indikator pencapaian kompetensi yang terdapat pada RPP, dan indikator penilaian yang digunakan pada menyusun kisi-kisi dan menulis soal yang dikenal selaku indikator soal.

Pengembangan IPK mesti mengakomodasi kompetensi yang tercantum pada KD. IPK dirumuskan pada format kalimat dengan kata kerja operasional. Rumusan IPK setidaknya meliputi 2 (dua) hal yaitu tingkat kompetensi dan bahan yang menjadi media pencapaian kompetensi. Kata kerja operasional di IPK pencapaian kompetensi aspek pengetahuan dapat mengacu di ranah kognitif taksonomi Bloom, aspek sikap dapat mengacu di ranah afektif taksonomi Bloom, aspek keterampilan dapat mengacu di ranah psikomotor taksonomi Bloom.

IPK (indikator pencapaian kompetensi) di Kurikulum 2013 bagi KD yang diturunkan dari KI-1 dan KI-2 dirumuskan pada format perilaku umum yang bermuatan nilai dan sikap yang gejalanya dapat diamati selaku pengaruh pengiring dari KD di KI-3 dan KI-4. IPK bagi KD yang diturunkan dari KI-3 dan KI-4 dirumuskan pada format perilaku spesifik yang dapat diamati dan terukur.

Adapun Analitik IPK kelas X/10 kurikulum 2013 tahun pembelajaran 2018/2019 dapat bapak/ ibu pengajar unduh lewat tautan  link yang saya sematkan di bawah ini.

IPK Bahasa Indonesia Kelas 10 K13 Revisi 2018.docx, Unduh

Demikian Analitik KI, KD, IPK Bahasa Indonesia Kelas 10 tingkatan SMA/SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang telah saya berbagi, semoga bermanfaat.
Sumber https://www.websiteedukasi.com/