File Pendidikan Free Download RPP PKN Kls 10 SMA/MA K-13 Revisi

Free Download RPP PKN Kls 10 SMA/MA K-13 Revisi

Posted on
File Pendidikan Free Download RPP PKN Kls 10 SMA/MA K-13 Revisi
Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship) merupakan mata pembelajaran yang memfokuskan di pembentukan diri yang beragam dari segi agama, sosio-kultural, bahasa, usia dan suku bangsa buat menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.
Kewarganegaraan yaitu isi utama yang meliputi hak dan kewajiban warga Negara.
Kewarganegaraan merupakan keanggotaan seseorang pada satuan politik tertentu (secara khusus : Negara ) yang dengannya membawa hak buat berpartisipasi pada kegiatan politik. Seseorang dengan keanggotaan yang demikian disebut warga Negara. (daryono)
Ruang lingkupnya antara lain: 
  • Persatuan dan Kesatuan bangsa,

Yang meliputi: Hidup rukun pada perbedaan, Cinta lingkungan, Kebanggaan selaku bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda, Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Partisipasi pada pembelaan negara, Sikap positif kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Keterbukaan dan jaminan keadilan.
  • Norma, hukum dan peraturan, 

Meliputi:Tertib pada kehidupan keluarga, Tata tertib di sekolah, Norma yang berlaku di masyarakat, Peraturan-peraturan daerah, Norma-norma pada kehidupan berbangsa dan bernegara, Sistim hukum dan peradilan nasional, Hukum dan peradilan internasional.
  • Hak asasi manusia 

Meliputi: Hak dan kewajiban anak, Hak dan kewajiban anggota masyarakat, Instrumen nasional dan internasional HAM, Pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM.
  • Keperluan warga negara 

Meliputi: Hidup gotong royong, Harga diri selaku warga masyarakat, Kebebasan berorganisasi, Kemerdekaan mengeluarkan pendapat, Menghargai keputusan bersama, Prestasi diri , Persamaan kedudukan warga negara.
  • Konstitusi Negara 

Meliputi: Proklamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama-tama, Konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia, Hubungan mendasar negara dengan konstitusi.
  • Kekuasan dan Politik

Meliputi: Pemerintahan desa dan kecamatan, Pemerintahan daerah dan otonomi, Pemerintah pusat, Demokrasi dan sistem politik, Budaya politik, Budaya demokrasi menuju masyarakat madani, Sistem pemerintahan, Pers pada masyarakat demokrasi.
  • Pancasila 

Meliputi: kedudukan Pancasila selaku mendasar negara dan ideologi negara, Proses perumusan Pancasila selaku mendasar negara, Pengamalan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan sehari-hari, Pancasila selaku ideologi terbuka.
  • Globalisasi 

Meliputi: Globalisasi di lingkungannya, Politik luar negeri Indonesia di era globalisasi, Akibat globalisasi, Hubungan internasional dan organisasi internasional, dan Mengevaluasi globalisasi.
Seperti itulah sedikit sekilas betapa rumitnya pembelajaran ini sehingga para pendidik/pendidik ekonomi perlu mempersiapkan dengan bagus agar hasilnya pun bagus.
Oleh karena itu disini peran pendidik mesti lebih kreatif dan inovatif pada menghasilkan suasana belajar  yang menarik dan menyenangkan.
Mampu menyajikan bahan pembelajaran dengan tampilan yang tersaji menarik secara terstruktur, sehingga pelajar merasa gembira pada mengikuti proses pembelajaran, dan pun fokus di bahan serta pendalaman konsep sehingga bahan yang tersaji walaupun dengan kompleksitas yang tinggi dan beragam pun dapat tetap di pahami secara bagus dan menyeluruh tanpa merasa kesulitan dan membosankan.
Disinilah perlu adanya rencana yang bagus dan tersetruktur pada merencanakan proses kegiatan belajar dan mendidik yang bagus dan menarik tadi.

Hal tersebut tak dapat lepas dari perancangan alat pembelajaran yang bagus dan terencana, oleh karenanya saya bermaksud berbagi contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dapat dijadikan referensi namun pun masih tetap dapat di sesuaikan dengan kemampuan dan pun keadaan di sekolah rekan-rekan sobat madrasahmuba.

Pada alat pembelajaran yang saya share nanti tak hanya terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Saja namun telah dilengkapi dengan Program Tahunan (prota), Program Semester (promes), dan pun beberapa alat pendukung lainya.

Smua file yang saya share pada wujud Microsoft Word sehingga dapat dengan gampang diedit dan disesuaikan dengan keadaan dan keperluan.

File kami simpan pada Google Drive sehingga benar-benar gampang pada mengakses dan mendownloadnya, rekan-rekan yang mengalami keulitan pada mengunduh itu dapat dikarenakan rekan-rekan pada melakukan login belum menggunakan akun gmail.

Kami sarankan rekan-rekan dapat terlebih dahulu login dengan akun gmail di browser, akan lebih bagus lagi seandainya rekan-rekan pun telah mempunyai googe drive sehingga dapat pun seketika menyimpanya di google drive rekan-rekan sehingga dapat diakses dengan gampang kapan saja dan dimana saja.

Seketika saja kita akan mulai membahasnya satu persatu dan rekan-rekan dapat mengakses dan mendownloanya via link berwarna merah yang nanti kami sertakan.
SILABUS
Silabus yaitu rencana pembelajaran di suatu kelompok mata pembelajaran/tema tertentu yang meliputi standar kompetensi , kompetensi mendasar, bahan utama/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Buat mengunduh silabus silahkan simpan UNDUH SILABUS
PROGRAM TAHUNAN
Program tahunan yaitu rencana penetapan alokasi waktu satu tahun buat mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan.Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi mendasar yang terdapat pada kurikulum seluruhnya dapat diperoleh oleh pelajar. Silahkan unduh PROGRAM TAHUNAN
PROGRAM SEMESTER
Program semester yaitu program pendidikan yang mesti diperoleh dalam kurun waktu satu semester, dalam kurun waktu periode ini diinginkan para pelajar menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan selaku satu kesatuan utuh. Silahkan Unduh PROGRAM SEMESTER
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ADALAH
Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 mengenai Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu rencana kegiatan pembelajaran tatap muka buat satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus buat mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik pada upaya mencapai Kompetensi Basic. Silahkan Unduh RPP PKN KLs X Lengkap
File ini dibagikan secara cuma-cuma dan kami benar-benar tak menyarankan buat memperjualbelikanya, seandainya terbukti rekan-rekan ada yang memperjualbelikanya dengan sengaja, karenanya seandainya ada pihak-pihak yang merasa dirugikan kami tak bertanggung jawab.

Silahkan dipergunakan secara bijak dan sesuai keperluan.

Selaku wujud dukungan agar kami dapat tetap eksis, silahkan meluangkan waktu buat mengunjungi iklan yang mungkin bermanfaat bagi rekan-rekan.

silahkan di share di sosial media, dan seandainya mengalami kendala silahkan komentar di kolom yang terdapat.