File Pendidikan FREE DOWNLOAD RPP BAHASA INGGRIS KLS X K-13 REVISI (perangkat pembelajaran lengkap)

FREE DOWNLOAD RPP BAHASA INGGRIS KLS X K-13 REVISI (perangkat pembelajaran lengkap)

Posted on
File Pendidikan FREE DOWNLOAD RPP BAHASA INGGRIS KLS X K-13 REVISI (perangkat pembelajaran lengkap)
Mengacu kepada Kompetensi Inti dan Kompetensi Mendasar yang di susun oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat di tahun 2016 terkait KI/KD mata pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 10 di SMA/MA/SMK/MAK, berikut penjelasanya:
Tujuan kurikulum melingkupi empat kompetensi, yaitu :
  1. Kompetensi sikap spiritual,
  2. Sikap sosial,
  3. Pengetahuan, dan
  4. Keterampilan. Kompetensi tersebut diperoleh via proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.
Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap selaku bagian dari solusi atas beragam permasalahan pada berinteraksi secara tepat sasaran dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri selaku cerminan bangsa pada pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut diperoleh via pembelajaran tak seketika (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pembelajaran serta keperluan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan selaku pertimbangan pengajar pada mengoptimalkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Sebelum membahas lebih rinci mengenai Kompetensi Inti dan Kompetensi basic mapel Bahasa Inggris, seperti judul yang tertulis bahwa saya ingin membagikan perlengkapan pembelajaran Bahasa Inggris kelas X Umum Kurikulum 2013 edisi revisi yang Insyalloh komplit dan dapat diedit.

Mungkin ada yang bertanya kenapa free, ya saya selaku seorang pendidik ingin sekedar berbagi, bagi bapak ibu yang pun pastinya seorang pendidik dan ingin berdonasi selaku wujud dukungan, bapak ibu cukup menolong like di kolom bawah, komentar, dan bila sekiranya perlu silahkan buat di share di sosial media. Jangan lupa pun buat meluangkan waktu sedikit dengan meng KLIK iklan yang tampil.

Silahkan akses link DOWNLOAD di bawah ini:
Kami tak mengizinkan apa yang saya bagi bapak ibu perjual belikan !!!
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan selaku berikut ini.
  • KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)   

Memahami, mengaplikasikan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan pengetahuan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta mengaplikasikan pengetahuan prosedural di bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya buat memecahkan masalah.
  • KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

Mengolah, menalar, dan menyaji pada ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
  • KOMPETENSI DASAR     

  1. Mengaplikasikan manfaat sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive).       
  2. Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan manfaat sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
  3. Mengaplikasikan manfaat sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
  4. Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan  memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya dengan memperhatikan manfaat sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
  5. Mengaplikasikan manfaat sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be going to, would like to).
  6. Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan manfaat sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
  7. Membedakan manfaat sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.            
  8. Teks deskriptif.
  9. Menangkap makna secara kontekstual terkait manfaat sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif, lisan dan tulis, pendek dan sederhana terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal.
  10. Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan manfaat sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
  11. Membedakan manfaat sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus pada wujud pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya  
  12. Teks pemberitahuan (announcement).
  13. Menangkap makna secara kontekstual terkait manfaat sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus pada wujud pemberitahuan (announcement).
  14. Menyusun teks khusus pada wujud pemberitahuan (announcement), lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan manfaat sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
  15. Mengaplikasikan manfaat sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense vs present perfect tense).
  16. Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, dengan memperhatikan manfaat sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
  17. Menafsirkan manfaat sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK.
  18. Menangkap makna terkait manfaat sosial dan unsur kebahasaan secara kontekstual lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK.