File Pendidikan FREE DOWNLOAD JUKNIS BOS DAN CONTOH APLIKASI SPJ BOS KHUSUS MADRASAH SESUAI JUKNIS BOS MADRASAH TAHUN ANGGARAN 2018

FREE DOWNLOAD JUKNIS BOS DAN CONTOH APLIKASI SPJ BOS KHUSUS MADRASAH SESUAI JUKNIS BOS MADRASAH TAHUN ANGGARAN 2018

Posted on
 JUKNIS BOS DAN CONTOH APLIKASI BOS KHUSUS MADRASAH SESUAI JUKNIS BOS MADRASAH TAHUN ANGGARAN 2018
File Pendidikan FREE DOWNLOAD JUKNIS BOS DAN CONTOH APLIKASI SPJ BOS KHUSUS MADRASAH SESUAI JUKNIS BOS MADRASAH TAHUN ANGGARAN 2018

BOS yaitu program pemerintah yang di dasarnya yaitu buat penyediaan pendanaan biaya operasional non personalia bagi satuan pendidikan basic selaku pelaksana program wajib belajar. Menurut PP 48 Tahun 2008 Mengenai Pendanaan Pendidikan, biaya non personalia yaitu biaya buat bahan atau peralatan pendidikan habis gunakan, dan biaya tak seketika berupa daya, air, jasa, telekomunikasi, pemeliharaan alat dan prasarana, uang lembur, transportasi, konsumsi, pajak, asuransi, dll. Namun demikian, ada beberapa jenis pembiayaan personalia yang diperbolehkan dibiayai dengan dana BOS. Secara detail jenis kegiatan yang boleh dibiayai dari dana BOS dibahas di bagian penggunaan dana BOS.

Secara umum program BOS bertujuan buat meringankan beban masyarakat kepada pembiayaan pendidikan yang berkualitas. Secara khusus program BOS bertujuan buat:

  1. Membebaskan semua jenis biaya pendidikan bagi seluruh pelajar miskin di tingkat pendidikan basic, bagus di madrasah negeri maupun madrasah swasta.
  2. Membebaskan biaya operasional sekolah bagi seluruh pelajar MI negeri, MTs negeri dan MA Negeri.
  3. Meringankan beban biaya operasional sekolah bagi pelajar di madrasah swasta.
  4. Sasaran program BOS yaitu seluruh Madrasah Negeri dan Swasta di seluruh Provinsi di Indonesia yang telah mempunyai izin operasional. Pelajar madrasah penerima BOS yaitu institusi madrasah yang menyelenggarakan kegiatan belajar mendidik di pagi hari dan siswanya tak terdaftar selaku pelajar SD, SMP, atau SMA. Bagi madrasah yang menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di sore hari, dapat menjadi sasaran program BOS setelah dilakukan verifikasi oleh Seksi Madrasah/TOS Kantor Kemenag Kabupaten/Kota. 

Besar biaya satuan BOS yang diterima oleh madrasah, dihitung menurut jumlah pelajar dengan ketentuan:
Ø Madrasah Aliyah : Rp. 1.400.000,-/pelajar/tahun

Ø Madrasah Ibtidaiyah : Rp. 800.000,-/pelajar/tahun
Ø Madrasah Tsanawiyah : Rp. 1.000.000,-/pelajar/tahun

Di Tahun Anggaran 2018, dana BOS akan diberikan dalam kurun waktu 12 bulan buat periode Januari hingga Desember 2018, yaitu semester 2 tahun pembelajaran 2017/2018 dan semester 1 tahun pembelajaran 2018/2019. Penyaluran dana BOS buat madrasah swasta dilakukan dua tahap (setiap semester), menurut pengajuan RKAM dari madrasah swasta. Sedangkan buat madrasah negeri, pencairan dana BOS dilakukan seketika oleh satker Madrasah. Namun buat MIN yang anggarannya terletak di DIPA Kantor Kemenag Kabupaten/Kota pencairannya dilakukan oleh Satker Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.

Guna mempermudah pelaporan dana BOS, disini kami sediakan Contoh Program Pelaporan Dana BOS Mudah khusus buat Madrasah yang telah di sesuaikan dengan juknis BOS Madrasah 2018.

DOWNLOAD JUKNIS BOS MADRASAH 2018


Setelah berhasil mengunduh jangan lupa buat mengatur menjadi Enable di pojok kiri atas program, dan buat kembali ke fitur utama silahkan klik fitur home di program.

Program ini dikembangkan oleh seorang pengembang dan hak cipta ada di pengembang, oleh karenanya program ini dapat digunakan selaku contoh tanpa di password, namun buat dapat menggunakan secara maksimal dan menyeluruh kamu dapat menghubungi pihak pengembang seketika atau memberikan komentar di kolom komentar yang terdapat dibawah.

Demikian semoga bermanfaat.