File Pendidikan Download Contoh Kegiatan Pembuka dan Penutup Pembelajaran

Download Contoh Kegiatan Pembuka dan Penutup Pembelajaran

Posted on
Kegiatan pembelajaran di kelas terbagi ke pada tiga bagian utama yaitu pembuka, inti dan penutup.
Kali ini saya akan membagikan contoh kumpulan kegiatan pembuka dan penutup pembelajaran di kelas. Kegiatan pembuka pembelajaran betul-betul urgen di kelas karena jangan hingga kita membangun anak tak mood belajar. Ingat pepatah “kesan pertama-tama demikian itu menggoda, berikutnya terserah sahabat”, kalau kegiatan pembuka kelas berhasil karenanya kelar telah hidup lo.

Di awal pembuka kelas ini biasanya kita menjalankan kegiatan seperti menyapa, doa, motivasi dan appersepsi. Buatlah desain awal pembuka kelas yang bagus dan cetar membahana. Jangan hingga masuk kelas lalu seketika ngasih bahan atau kewajiban. Buatlah anak-anak rileks dulu, cari icebreaking atau sedikit humor dan cerita mengenai kejadian terbaru atau apalah. Beri mereka teka-teki bagi memanaskan otak terlebih dahulu, cari di google banyak.

Kegiatan penutup kelas yakni kegiatan ahir sebuah pembelajaran. Disini pendidik mesti membangun closing statement yang menarik pun dan berkesan pastinya. Di bagian ahir ini pendidik dan pelajar menjalankan elaborasi bersama. Usahakan bagi cek pelajar satu persatu mengenai pemahaman bahan pembelajaran, dapat secara random. Unduh kumpulan contoh kegiatan pembuka dan penutup pembelajaran di bawah ini.