File Pendidikan Cara Mudah Membuat RPP 1 Halaman Jenjang SD,SMP,SMA/SMK

Cara Mudah Membuat RPP 1 Halaman Jenjang SD,SMP,SMA/SMK

Posted on

– Trik Gampang pada merancang atau menyusun RPP 1 Lembar mulai dari RPP tingkatan SD hingga SMA.
RPP 1 halaman atau 1 lembar adalah RPP yang ketika ini banyak di cari-cari oleh pendidik di seluruh Indonesia. RPP 1 lembar di gunakan mulai dari tingkatan SD, SMP, SMA hingga SMK. Sejak keluarnya surat edaran Menteri Pendidikan dan kebudayaan nomor 14 Tahun 2019 mengenai penyederhanaan RPP karenanya sejak ketika itu pula RPP versi 1 lembar telah mulai di berlakukan dan mulai banyak dicari dan diminati oleh guru-guru di seluruh Indonesia.
File Pendidikan Cara Mudah Membuat RPP 1 Halaman Jenjang SD,SMP,SMA/SMK

Banyak guru-guru mulai dari tingkatan SD hingga SMA yang masih meragukan pada menggunakan RPP versi 1 halaman. Banyak yang bertanya-tanya apakah ketika ini RPP dengan format 1 halaman telah dapat di gunakan atau belum. Pertanyaan tersebut pastinya menimbulkan persepsi bahwa RPP 1 halaman belum fix bagi di gunakan dan di terapkan pada pembelajaran.
Menurut saya pribadi selaku seorang admin yang sering membagikan alat pembelajaran, bahwa RPP 1 halaman atau RPP 1 lembar dapat di gunakan untuk pendidik yang ingin menggunakannya pada proses pembelajaran selaku bahan analisa kesuksesan proses pada tahapan pembelajaran, namun seandainya pendidik yang bersangkutan belum mampu bagi menggunakan atau menggunakan RPP versi 1 lembar karenanya pun tak di paksakan sehingga pendidik masih tetap dapat menggunakan RPP versi kurikulum 2013 yang masih menggunakan banyak halaman.
Intinya bagus RPP 1 lembar ataupun RPP k13 versi lama dengan banyak halaman semuanya masih tetap dapat di gunakan oleh pendidik pada menjalankan pembelajaran dan bagi kegiatan supervisi namun hendaknya RPP yang di gunakan adalah RPP yang dapat menolong aktivitas pendidik pada menganalisis kesuksesan pembelajaran dan pastinya dapat berorientasi kepada murid atau peserta didik.
Di postingan kali ini saya akan memberikan trik gampang pada merancang dan menyusun RPP 1 halaman bagus bagi tingkatan SD,SMP,SMA maupun tingkatan SMK. Postingan kali ini bukan bagi membagikan alat pembelajaran RPP 1 lembar melainkan lebih kepada tahapan dan strategi gampang pada merancang RPP versi 1 halaman agar pendidik dapat lebih efisien dan kreatif pada merancang RPP versi 1 halaman.
Jikalau bapak dan ibu pendidik merasa kesulitan pada merancang RPP 1 halaman karenanya kiranya via postingan ini karenanya bapak dan ibu pendidik dapat dengan gampang pada menggunakan proses penyusunan RPP versi 1 lembar. Di postingan admin yang sebelumnya telah banyak admin berbagi jenis RPP 1 lembar dan pun format RPP 1 halaman, dan apabila sahabat membutuhkannya karenanya sahabat dapat mempunyai filenya yang telah admin berbagi di postingan-postingan sebelumnya.
Perlu di pahami oleh bapak dan ibu pendidik bahwa pada merancang RPP 1 lembar karenanya hal terpenting yang mesti di pahami yakni jenis komponen yang mesti di muat pada proses penyusunan RPP 1 halaman tersebut. Adapun komponen urgen yang mesti termuat pada RPP 1 halaman sesuai arahan mendikbud yaitu terdiri dari 3 komponen yakni yang pertama-tama ialah Tujuan pembelajaran yang mesti mengandung unsur ABCD ( audient, behavior, condition, dan degree), yang kedua yaitu strategi pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan pun kegiatan penutup yang di lakukan oleh pendidik dan pelajar serta yang ketiga yaitu assesment atau aplikasi penilaian yang meliputi jenis penilaian sikap, pengetahuan dan pun penilaian keterampilan.
Bagi gampang pada merancang RPP versi 1 lembar yakni bapak dan ibu pendidik dapat menjadikan RPP k13 versi lama selaku bahan pedoman yang nantinya RPP tersebut di sederhanakan sehingga yang tadinya mengandung banyak halaman karenanya kini dapat di sederhanakan menjadi 1 halaman saja.
Trik gampang pada merancang RPP 1 halaman yaitu :
1.   Siapkan RPP k13 versi lama
2.   Sederhanakan setiap pertemuan yang terdapat di RPP k13 menjadi 1 kali pertemuan saja
3.   Ambil tujuan pembelajaran di setiap 1 pertemuan
4.   Ringkaslah kegiatan yang terdapat di strategi pembelajaran sehingga ambil unsur yang terpenting saja mulai dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup (Tak perlu penjelasan, melainkan lumayan intinya saja)
5.   Bagi penilaian atau assesment karenanya ambil jenis penilaian yang di gunakan di pertemuan tersebut dan lumayan menyebutkan jenis penilaian yang di gunakan serta cara menjalankan penilaian di ketika pembelajaran.
6.   Pantau hasil RPP yang telah sahabat sederhanakan dan usahakan hanya mengandung 1 halaman saja pada setiap 1 kali pertemuan sehingga sahabat gampang pada merancang RPP.
Jikalau strategi di atas dapat sahabat terapkan pada merancang RPP, insyaallah sahabat akan gampang pada merancang RPP versi 1 lembar, yang terpenting yakni sahabat mesti terlebih dahulu mempunyai referensi RPP kurikulum 2013 yang nantinya dapat menjadi senjata untuk sahabat pada menjalankan penyederhanaan RPP.
Mungkin itu saja yang admin dapat sampaikan di postingan kali ini, dan apabila sahabat yang masih belum mempunyai referensi RPP k13 ataupun jenis RPP 1 lembar karenanya sahabat dapat melihat contohnya via postingan yang telah saya berbagi di artikel sebelumnya.
Demikianlah yang dapat admin berikan, dan terimakasih atas kesediaan sahabat pada membaca postingan ini, semoga dapat bermanfaat.