File Pendidikan Cara Input Nomor KIP Di Dapodik Versi 2020

Cara Input Nomor KIP Di Dapodik Versi 2020

Posted on

Salam Satu Data.

Selamat berjumpa kembali di blog , yang selalu aktif pada memberikan informasi seputar dapodik.
Di kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan seputar program dapodikdasmen versi 2020 yang mana di program dapodik versi terbaru dikala ini mempunyai beberapa perubahan dari versi sebelumnya.
Diantara perubahan yang terjadi yaitu di fitur penginputan Nomor Kartu Indonesia Pintar atau yang sering di singkat dengan KIP. Untuk peserta didik yang mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP) karenanya akan mempunyai peluang yang besar bagi dapat memperoleh bantuan pada wujud uang tunai yang mana bantuan tersebut berasal dari pemerintah pusat yang pada hal ini di beri nama Program Indonesia Pintar.
Tak seluruh peserta didik mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP) karena bagi memperoleh Kartu Indonesia Pintar (KIP) karenanya peserta didik mesti masuk kedalam kategori keluarga tak mampu.
Untuk mereka yang mereka yang mempunyai kartu KIP karenanya akan di berikan santunan atau bantuan berupa uang tunai yang mana pada setiap tahapan mempunyai standar penerimaan yang berbeda-beda, Bagi tahapan SD uang yang di terima yaitu sebesar Rp 225.000 per semester atau Rp 450.000 per tahun, bagi tahapan SMP uang yang di terima yaitu sebesar Rp 375.000 per semester Rp 750.000 per tahun, dan bagi tahapan SMA/SMK uang yang di terima yaitu sebesar Rp Rp 1.000.000.
Perlu bagi di ketahui bahwa meskipun peserta didik telah mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP) namun apabila karu tersebut tak di registrasikan di satuan Pendidikan yang terkait sesuai dengan tempat peserta didik tersebut bersekolah, karenanya penyaluran dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) tak dapat disalurkan kepada peserta didik yang mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP).
Di pada Kartu Indonesia Pintar (KIP) terdapat nomor KIP yang man anomor tersebut mesti di registrasikan ke pada program dapodik dengan tujuan agar Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang di miliki oleh peserta didik yang bersangkutan dapat di akui dan teraktivasi selaku peserta didik yang aktif di satuan Pendidikan.
Perlu di ketahui bahwa bagi dapat meregistrasikan nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP) ke pada program dapodik karenanya hal tersebut dapat dilakukan lewat operator sekolah.
Seperti yang kita ketahui dikala ini bahwa di program dapodikdasmen versi terbaru dikala ini fitur bagi memasukkan Nomor Kode KIP telah berbeda dengan ketika menggunakan program dapodikdasmen versi sebelumnya.
Untuk kamu yang masih belum memahami cara bagi memasukkan nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP) ke pada program dapodik versi terbaru dikala ini, karenanya di kesempatan kali ini dan lewat postingan ini saya akan memberikan tutorialnya secara komplit mengenai cara menginputkan Nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP) ke pada program dapodikdasmen versi 2020.
Berikut ini penjelasannya yang saya lengkapi dengan gambar dengan tujuan bagi mempermudah pada memahami cara memasukkan nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP) ke pada program dapodik versi terbaru.
          Pertama-tama silahkan kamu login ke pada program dapodik sekolah kamu
File Pendidikan Cara Input Nomor KIP Di Dapodik Versi 2020
          Silahkan klik fitur “Peserta didik”
File Pendidikan Cara Input Nomor KIP Di Dapodik Versi 2020
          Kemudian pilih Nama Peserta didik yang bersangkutan yang akan di   masukkan Nomor KIP nya.
 Kemudian klik fitur “Ubah”
File Pendidikan Cara Input Nomor KIP Di Dapodik Versi 2020
          Berikutnya pilih fitur “Kesejahteraan” dan klik tulisan :Tambah” seperti   di gambar di bawah ini
File Pendidikan Cara Input Nomor KIP Di Dapodik Versi 2020
          Kemudian di kolom jenis “Kesejahteraan” silahkan plih “ Program   Indonesia Pintar”

File Pendidikan Cara Input Nomor KIP Di Dapodik Versi 2020
          Di kolom “NO. Kartu” silahkan masukkan nomor kartu KIP peserta   didik tersebut
 Di kolom “Nama Di Kartu” silahkan ketikkan sesuai dengan nama yang   tertera di Kartu KIP
 Di kolom “Dari Tahun” dan “Hingga Tahun” silahkan di isi sesuai   dengan tahun di terimanya Kartu KIP tersebut hingga waktu berlaku di   tahapan yang di tempuh
File Pendidikan Cara Input Nomor KIP Di Dapodik Versi 2020
          Langkah terakhir silahkan kamu klik “Simpan”
File Pendidikan Cara Input Nomor KIP Di Dapodik Versi 2020
Demikianlah cara bagi menjalankan penginputan Nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP) ke pada program dapodikdasmen versi terbaru dikala ini, semoga lewat penjelasan yang telah saya berikan di postingan ini akan dapat menambah pengetahuan kamu pada memahami cara memasukkan Nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP) ke pada program dapodik.