File Pendidikan Besaran Dana PIP Jenjang SD,SMP,SMA/SMK Terbaru

Besaran Dana PIP Jenjang SD,SMP,SMA/SMK Terbaru

Posted on

Selamat berkunjung kembali di blog pendidikan
Di tahapan pendidikan dikala ini mulai dari tahapan SD,SMP,SMA dan SMK ada sebuah program yang di keluarkan oleh pemerintah yang pada hal ini memberikan bantuan kepada peserta didik yang tak mampu mulai dari tahapan SD,SMP,SMA dan SMK pada format pemberian bantuan uang tunai dengan nama Program Indonesia Pintar.

Program Indonesia Pintar atau yang sering di sebut dengan PIP adalah sebuah suatu program pemberian bantuan kepada peserta didik pemegang kartu KIP (kartu indonesia pintar) pada format uang tunai yang tujuannya ialah bagi memberikan kesempatan kepada keluarga yang tak mampu agar dapat menyekolahkan anaknya sehingga tak lagi putus sekolah hanya karena persoalan biaya sekolah.

File Pendidikan Besaran Dana PIP Jenjang SD,SMP,SMA/SMK Terbaru

Program Indonesai Pintar (PIP) hanya di berikan kepada peserta didik yang telah mempunyai kartu KIP sehingga tak seluruh peserta didik dapat memperolah bantuan PIP di sekolah.
Untuk peserta didik yang belum mempunyai kartu indonesia pintar (KIP) karenanya dapat mengajukan usulan kepada pihak satuan pendidikan agar dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik tak mampu yang belum mempunyai kartu KIP sehingga dapat di ajukan selaku calon penerima Program Indonesia Pintar (PIP).

Dengan adanya bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) karenanya benar-benar menolong untuk orang tua yang mempunyai pendapatan benar-benar kecil yang merasa bahwa mereka tak dapat lagi bagi menyekolahkan anaknya. Selain itu bantuan PIP ini pun benar-benar di rasakan bermanfaat untuk peserta didik dan mahasiswa karena mereka dapat memenuhi keperluan sekolahnya via bantuan PIP tersebut.

Di postingan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai jumlah besaran dana Program Indonesia Pintar (PIP) yang dapat di peroleh untuk peserta didik yang mempunyai kartu KIP.
Bagi jumlah besaran dana PIP yang akan di peroleh masing-masing peserta didik mulai dari tahapan SD,SMP,SMA dan SMK mempunyai nominal yang berbeda-beda. Besaran dana Program Indonesia Pintar (PIP) bagi tahapan SMA dan SMK lebih tinggi dari di tahapan SMP, demikian itu pun di tahapan SMP besaran dana yang di terima pun lebih tinggi dari tahapan SD. Sehingga dapat di simpulkan bahwa semakin tinggi tahapan pendidikan yang di masuki oleh peserta didik penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) karenanya akan semakin tinggi pula besaran dana yang akan di terimanya.

Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) bagi seluruh tahapan mulai dari tahapan SD,SMP,SMA dan SMK dapat di terima setiap semester atau dapat pula di terima pada setiap tahunnya, tergantung dari peganggaran pusat via Program Indonesia Pintar (PIP).
Untuk kamu yang ingin mengetahui besaran dana Program Indonesia Pintar (PIP) yang akan di terima oleh peserta didik mulai dari tahapan SD,SMP, SMA dan SMK karenanya di postingan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai penjelasan besaran dana yang akan di peroleh untuk peserta didik di tahapan SD, SMP,SMA dan SMK.

Berikut ini penjelasan mengenai besaran dana yang dapat di terima untuk peserta didik di tiap-tiap tahapan di satuan pendidikan:

1.  Sekolah Basic (SD)/SDLB/Paket A:
a.  Peserta  didik  Kelas  I,  II, III,  I dan   semester gena diberikan dana bagi dua semester sebesar Rp450.000,00;
b.  Peserta didik Kelas VI semester genap diberikan dana bagi satu semester sebesar Rp225.000,00;
c.  Peserta  didik  Kelas   semester  ganjil diberikan dana bagi satu semester sebesar Rp225.000,00;
d.  Peserta didik Kelas II,  III IV,  V, dan VI semester ganjil  diberikan dana bagi dua semester sebesar Rp450.000,00;
e.  Peserta didik Paket A diberikan dana bagi dua semester sebesar
Rp450.000,00.
2.  Sekolah Menengah Pertama-tama (SMP)/SMPLB/Paket B:
a.  Peserta  didik  Kelas  VII  dan  VIII  semeste gena diberikan  dana bagi dua semester sebesar Rp750.000,00;
b.  Peserta didik Kelas IX semester gena diberikan dana untuk satu semester sebesar Rp375.000,00;
c.  Peserta didik Kelas VII semester ganjil diberikan dana bagi satu semester sebesar Rp375.000,00;
d.  Peserta didik Kelas VIII dan IX semester ganjil diberikan dana bagi dua semester sebesar Rp750.000,00;
e.  Peserta didik Paket B diberikan dana bagi dua semester sebesar
Rp750.000,00.
3.  Sekolah Menengah Atas (SMA)/SMALB/Paket C:
a.  Peserta didik Kelas X dan XI semester genap diberikan dana bagi dua semester sebesar Rp1.000.000,00;
b.  Peserta didik Kelas XII semester genap diberikan dana untuk satu semester sebesar Rp500.000,00;
c.  Peserta didik Kelas X semester ganjil diberikan dana bagi satu semester sebesar Rp500.000,00;
d.  Peserta didik Kelas XI dan XII semester ganjil diberikan dana bagi dua semester sebesar Rp1.000.000,00;
e.  Peserta didik Paket C diberikan dana bagi dua semester sebesar
Rp1.000.000,00.
4.  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/SMKLB:
a.  Program 3 Tahun
1)  Peserta  didik  SMK  Kelas   dan  X semester genap diberikan dana untuk dua semester sebesar Rp1.000.000,00;
2)  Peserta  didik  SMK  Kelas  XII  semeste gena diberikan  dana bagi satu semester sebesar Rp500.000,00;
3)  Peserta didik SMK Kelas X semester ganjil diberikan dana untuk satu semester sebesar Rp500.000,00;
4)  Peserta didik SMK Kelas XI dan XII semester ganjil diberikan dana bagi dua semester sebesar Rp1.000.000,00.
b.  Program 4 tahun
1)  Peserta   didik   SMK   Kelas   X,   XI dan  XII   semeste genap diberikan dana untuk dua semester sebesar Rp1.000.000,00;
2)  Peserta  didik  SMK  Kelas  XIII  semeste gena diberikan  dana bagi satu semester sebesar Rp500.000,00;
3)  Peserta didik SMK Kelas X semester ganjil diberikan dana untuk satu semester sebesar Rp500.000,00;
4)  Peserta  didik  SMK  Kelas  XI XII dan  XIII  semester  ganjil diberikan dana bagi dua semester sebesar Rp1.000.000,00.
Dana yang di akan di terima oleh peserta didik penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dapat di cairkan via rekening masing-masing peserta didik penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dan dapat di cairkan oleh masing-masing peserta didik yang bersangkutan atau pun dapat di cairkan secara kolektif via bantuan pihak sekolah.

Demikianlah penjelasan mengenai informasi mengenai besaran dana yang akan di terima peserta didik pada Program Indonesia Pintar (PIP) mulai dari tahapan SD,SMP,SMA dan SMK. Semoga via postingan ini kamu yang masih belum memahami mengenai besaran dana yang seharusnya di terima karenanya dapat mengetahuinya dan dapat menggunakan bantuan tersebut bagi keperluan pada melengkapi kebutuhan sekolah.