File Pendidikan Aplikasi Penetapan Angka Kredit PK Guru

Aplikasi Penetapan Angka Kredit PK Guru

Posted on

File Pendidikan Aplikasi Penetapan Angka Kredit PK Guru
Merujuk pada Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Mendasar dan Menengah Direktorat Jenderal Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Performa Pendidik (PKG)

Penilaian Performa Pendidik (PKG) yaitu penilaian dari tiap butir kegiatan fungsi utama pendidik pada rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Pelaksanaan fungsi utama pendidik tak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang pendidik pada penguasaan pengetahuan, penerapan pengetahuan dan keterampilan, selaku kompetensi yang dibutuhkan. Penguasaan kompetensi dan penerapan pengetahuan serta keterampilan pendidik, amat menentukan tercapainya kualitas proses pembelajaran atau pembimbingan peserta didik, dan pelaksanaan fungsi tambahan yang relevan untuk sekolah, khususnya untuk pendidik dengan fungsi tambahan tersebut. Sistem PKG yaitu sistem penilaian yang dirancang buat mengidentifikasi kemampuan pendidik pada menjalankan tugasnya lewat pengukuran penguasaan kompetensi yang ditunjukkan pada unjuk kerjanya.

Secara umum PKG mempunyai 2 manfaat utama selaku berikut:

Buat menilai kemampuan pendidik pada mengaplikasikan seluruh kompetensi dan keterampilan yang diperlukan di proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan fungsi tambahan yang relevan dengan manfaat sekolah.
Buat menghitung angka kredit yang diperoleh pendidik atas daya kerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan fungsi tambahan yang relevan dengan manfaat sekolah yang dilakukannya di tahun tersebut.

Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah memberi rambu-rambu, buat menentukan Angka Kredit menurut PK Pendidik, Kepala sekolah mesti melakukan pengumpulan data tambahan selaku aspek penentu pada menghitung Angka Kredit Pendidik Merujuk pada PK Pendidik, yaitu:
a. Kuosioner Peserta Didik
b. Kuosioner Teman Sejawat
c. Kuosioner Orangtua Peserta Didik
d. Kehadiran Pendidik

Program ini didesain dengan Ms Excel Office 2010, berekstensi .*exe (Apllication), sebaiknya gunakan Ms Excel 2010.

referen www.purnawanto.ga