File Pendidikan 14 Langkah Cara Backup dan Restore Database PMP Offline 2019.11

14 Langkah Cara Backup dan Restore Database PMP Offline 2019.11

Posted on

filependidikan.info – Cara Backup dan Restore Database Program PMP Offline 2019.11.21 Secara Manual Tanpa Menggunakan Program/Aplikasi.
Sobat operator sekolah yang berbahagia dimanapun kamu berada, di kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah panduan singkat dan menarik khususnya untuk kamu yang sedang menjalankan kewajiban selaku operator di program penjaminan mutu Pendidikan atau yang disingkat dengan PMP. Seperti yang kita ketahui bahwa program PMP di tahun 2019 ini benar-benar merancang banyak operator sekolah yang merasa jengkel, kebingungan, bosan, melelahkan, dan masih banyak lagi yang lainnya yang dirasakan oleh operator sekolah.
Hal baru yang menjadi permasalahan yang di hadapi oleh para operator PMP sekolah yakni susahnya menjalankan syncronisasi PMP sehingga ketika operator PMP sekolah menjalankan proses syncronisasi rata-rata lebih banyak yang tak berhasil melakukannya dari di yang berhasil melakukannya. Bukan hanya itu sebahagian operator program PMP sekolah bahkan mengalami banyak terjadi dimana tampilan di program PMP mereka yang menjadi eror dan tiba-tiba blank sehingga mereka menjadi panik dan tak mempunyai jalan keluarnya.
File Pendidikan 14 Langkah Cara Backup dan Restore Database PMP Offline 2019.11

Untuk operator PMP yang telah mengetahui cara yang mesti di tempuh agar dapat mengatasi masalah yang sering di alami ketika program PMP menjadi blank dan eror pastinya tak akan kebingungan namun bagaimana bila kamu yang sedang mengalami hal tersebut lantas tak tahu bagaimana cara mengatasinya sedangkan penginputan di kuesioner PMP kamu telah hampir 100% terlaksana sedangkan kamu belum berhasil menjalankan syncronisasi dan telah terjadi eror.
Seandainya kamu menghadapi hal tersebut karenanya pastinya jalan satu-satunya yang mesti kamu lakukan ialah kamu mesti menjalankan install ulang program PMP kamu.
Perlu kamu ketahui bahwa program PMP 2019.11 ataupun program PMP 2019.11.21 ini berbeda dengan program PMP sebelumnya bila di program PMP sebelumnya bagi fitur backup masih di sediakan karenanya di program PMP dikala ini fitur tersebut telah tak ada lagi padahal fitur backup sesungguhnya benar-benar urgen bagi disediakan agar data yang telah di masukkan dapat disimpan selaku bahan arsip agar ketika suatu dikala terjadi masalah karenanya kita dapat mempunyai file backup yang menjadi cadangan ketika program terjadi eror.
Meskipun di program PMP 2019 tak terdapat fitur backup namun sesungguhnya kamu masih tetap dapat menjalankan backup data penginputan PMP kamu via beberapa langkah yang akan saya jelaskan di postingan ini. Untuk kamu yang mengalami masalah eror di program PMP karenanya kamu tak perlu ragu lagi karena kamu lumayan menjalankan backup data PMP kamu karenanya kamu dapat menjalankan install ulang program PMP kamu dan merestore data hasil backup tersebut karenanya program akan kembali seperti sedia kala tanpa menghilangkan sedikitpun data yang telah kamu isi sebelumnya di program PMP. Selain itu bila kamu masih menggunakan program PMP 2019.11 dan telah pernah menjalankan penginputan data kuesioner serta akan menjalankan update ke program PMP 2019.11.21 karenanya kamu dapat menjalankan proses backup data PMP terlebih dahulu agar data sebelumnya tak hilang.
Pada menjalankan backup sesungguhnya dapat di lakukan dengan menggunakan sebuah program atau sofware namun dapat pun dilakukan tanpa menggunakan program alias secara manual. Nah di postingan kali ini yang akan saya berikan yakni cara backup data PMP secara manual.
Untuk kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara bagi menjalankan backup data PMP secara manual tanpa menggunakan program bantuan karenanya simaklah penjelasan berikut.

Baiklah berikut ini 14 langkah cara menjalankan backup data PMP di program PMP 2019 secara manual tanpa menggunakan aplikasi/program lain.
1.   Klik fitur start di desktop/laptop kamu
2.   Silahkan kamu ketikkan “services” di fitur start di kolom pencarian
3.   Setelah tulisan “services” ditemukan klik tulisan services tersebut
4.   Setelah itu silahkan kamu cari file dengan nama “PMPDB” dan PMPWebSrv”
5.   Kemudian silahkan kamu stop aktivitas dari kedua file tersebut dengan mengklik tombol “Stop service”
6.   Berikutnya silahkan kamu masuk ke windows eksplorer
7.   Pilih Local Disk C
8.   Kemudian pilih program files, dan pilih folder EDSDikdasmen
9.   Berikutnya silahkan kamu copy folder “database” dan “dataweb”
10. Simpan kedua folder tersebut di tempat yang gampang bagi diingat
11. Dan kamu telah berhasil menyimpan hasil backup data PMP 2019
12. Apabila kamu akan menjalankan restore karenanya kamu dapat mengulangi strategi mulai dari nomor 1 hingga nomor 8
13. Dan berikutnya silahkan kamu pastekan hasil backup data PMP kedalam folfer EDSDikdsmen.
14. Selesai
Apabila kamu menjalankan backup data karenanya kamu akan benar-benar terhindar dari masalah yang merancang kamu menjadi strees ketika program terjadi eror sehingga benar-benar di sarankan bagi selalu menjalankan backup data khususnya di program PMP agar ketika kamu menghadapi masalah program eror atau ingin menjalankan update program karenanya kamu telah mempunyai data cadangan bagi dapat di gunakan kembali.
Semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk kamu yang sedang menjalankan aktifitas selaku operator PMP di sekolah. 
Selamat beraktifitas, semoga kamu sukses selalu.