File Pendidikan √ Cara Cek Status NUPTK Aktif Atau Non aktif/Dibekukan

√ Cara Cek Status NUPTK Aktif Atau Non aktif/Dibekukan

Posted on
Salam pendidikan,

Selamat berjumpa kembali di blog filependidikan.info.com
NUPTK adalah Nomor Unik Pendidik dan Kependidikan yang amat urgen bagi dimiliki oleh setiap pendidik dan tenaga kependidikan yang bertugas di satuan pendidikan bagus di tahapan TK/PAUD, SD, SMP, SMA maupun SMK.

Dengan mempunyai NUPTK karenanya pendidik akan memperoleh informasi yang akurat bahwa data diri mereka telah tercatat di program dapodik selaku staff di satuan pendidikan bagus negeri maupun swasta.
mempunyai NUPTK adalah keperluan setiap pendidik, karena dengan mempunyai NUPTK karenanya akan mempunyai peluang dan kesempatan yang besar pada mengikuti kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan.

File Pendidikan √ Cara Cek Status NUPTK Aktif Atau Non aktif/Dibekukan


Meskipun seseorang pernah mempunyai NUPTK namun apabila ia telah lama meninggalkan pekerjaannya serta tak pernah mengerjakan pembeharuan data di program dapodik dan tak pernah mengerjakan verval data GTK secara online karenanya dapat menyebabkan NUPTK mereka menjadi tak aktif atau di bekukan oleh pihak kementerian pendidikan.

Untuk sahabat yang di postingan ini sedang membutuhkan informasi bagi mengetahui bagaimana cara mengerjakan pengecekan NUPTK apakah masih aktif atau telah mati/di non aktifkan, karenanya di kesempatan kali ini saya akan memberikan panduan mengenai cara gampang bagi cek NUPTK apakah masih aktif atau telah tak aktif secara online. 

Penjelasan yang akan saya berikan di postingan ini akan saya sertakan dengan gambar agar gampang bagi di pahami.
Baiklah bagi lebih jelasnya menganai cara pada mengecek NUPTK aktif atau non aktif karenanya berikut ini penjelasannya dan keterangannya :
1.   Pertama-tama-tama silahkan sahabat kunjungi link di bawah ini :
2.   Setelah tampil seperti di gambar di bawah ini, karenanya silahkan sahabat pilih “Status NUPTK”
File Pendidikan √ Cara Cek Status NUPTK Aktif Atau Non aktif/Dibekukan
3.   Berikutnya silahkan sahabat masukkan nomor NUPTK sahabat kedalam kotak yang telah di sediakan kalau telah kemudian lanjutkan dengan mengklik logo pencarian seperti di gambar di bawah ini

File Pendidikan √ Cara Cek Status NUPTK Aktif Atau Non aktif/Dibekukan


4.   Apabila langkah diatas telah sahabat lakukan dengan benar karenanya akan tampil status NUPTK sahabat ketika ini apakah aktif atau telah tak aktif.

Berikut ini contoh gambar status NUPTK yang masih berstatus aktif, seperti yang terlihat di tampilan gambar di bawah ini

File Pendidikan √ Cara Cek Status NUPTK Aktif Atau Non aktif/Dibekukan

Apabila ketika sahabat memasukkan nomor NUPTK sahabat di kolom pencarian dan tak di peroleh hasilnya, karenanya dapat dipastikan Nomor NUPTK sahabat telah mati atau telah di bekukan (di nonaktifkan)
Apabila sahabat pernah mempunyai Nomor NUPTK namun telah tak aktif, karenanya sahabat dapat mengaktifkannya kembali dengan cara sahabat merancang surat keterangan di atas kertas bermaterai yang di tanda tangani oleh kepala satuan pendidikan tempat sahabat bekerja yang pada hal ini ialah kepala sekolah dan kemudian meminta bantuan kepada pihak Dinas terkait bagi memberikan surat keterangan permohonan bagi dapat mengaktifkan kembali Nomor NUPTK sahabat.

Demikianlah cara gampang bagi dapat mengerjakan pengecekan apakah data Nomor NUPTK yang sahabat miliki masih aktif atau telah di non aktifkan. Semoga degan postingan yang saya bikin ini dapat menolong sahabat yang sedang akan mengerjakan pengecekan Nomor Unik Pendidik dan Kependidikan (NUPTK).